Sidak Disdukcapil Tabanan

SIDAK-PENDUDUK-PENDATANG-Tampaksiring-bali-310f30f7yxwacesgw84cga Tabanan- Dinas Kependudukan dan CatatanSipil (Disdukcapil) Kabupaten Tabanan, Bali melakukan inspeksi mendadak (sidak) administrasi kependudukan di sejumlah kecamatan.

“Sidak tersebut merupakan salah satu langkah menggugah kesadaran masyarakat mengurus administrasi kependudukan,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tabanan, IGA Rai Dwipayana, Selasa.

Ia mengatakan, sidak tersebut melibatkan instansi terkait menekankan upaya pembinaan dengan harapan masyarakat melengkapi identitas diri.

“Kalau masyarakat kedapatan belum mengantongi identitas diri, atau identitasnya sudah kedaluwarsa dan tidak diperpanjang, akan tetap dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan dan perudangan yang berlaku,” ujar IGA Rai Dwipayana.

Namun sidak yang dilakukan kali ini semata-mata bukan untuk menghakimi ataupun mencari kesalahan, namun menekankan pada aspek pembinaan terhadap warga lokal maupun pendudukan pendatang.

“Kami ingin membangun kesadaran warga untuk tertib administrasi kependudukan, karena hal itu sangat penting bagi masyarakat dalam melakukan aktivitas keseharian,” ujarnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *